Pelantikan DP dan DPN

SAMBUTAN KETUA DEWAN PENDIRI KOMNAS PENDIDIKAN INDONESIA PADA

 PELANTIKAN DEWAN PENGURUS NASIONAL KOMNAS PENDIDIKAN INDONESIA PERIODE TAHUN 2020 – TAHUN 2025

Bismillaahirrahmaanirrahim

Assalaumu’alaikum wr wb

Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin ………………………….

Yang saya hormati para Anggota Dewan Pendiri Komnas Pendidikan Indonesia : Sekretaris Badan Pendiri Bp Andreas Tambah,SE.,MM, Bendahara Badan Pendiri Ibu Dr Ir.Mamik Suendarti,MP, Badan Pengawas; Bp Ir.Darmadji,MM.,Ph.D, Bp Drs Jim Mintarja, Bp Merdy Budiarto, SH.,MH.

Yang terhormat Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Komnas Pendidikan Indonesia Bapak Prof Dr Burhanuddin Tola,MA dan seluruh Pengurus Dewan Pengurus Komnas Pendidikan Indonesia yang saya cintai, saya banggakan dan selalu saya doakan bagi keberhasilan yang barokah dalam hidupnya.

Hadirin sekalian yang berbahagia…..

Puji dan syukur kita sanjungkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia Nya kepada kita sekalian, khususnya kepada para Pengurus Dewan Pengurus Nasional Komnas Pendidikan Periode tahun 2020 – tahun 2025, yang mendapat kesempatan dan kepercayaan  untuk menjadi Pengurus organisasi Komnas Pendidikan Indonesia di tingkat Nasional selama 5 tahun kedepan.

Sebelum saya menyampaikan pesan-pesan dan sambutan, terlebih dahulu saya sampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota Badan Pendiri Komnas Pendidikan Indonesia yang telah menyelenggarakan proses reorganisasi ini dengan lancar sesuai waktu yang diagendakan, sehingga dapat dilaksanakan pelantikan Dewan Pengurus Nasional Komnas Pendidikan periode tahun 2020 – tahun 2025 pada hari ini Sabtu tanggal 10 Oktober 2020.

Terimakasih dan penghargaan yang tulus kami sampaikan kepada pengurus DPN Komnas Pendidikan Indonesia masa bhakti tahun 2014 –tahun 2019 yang telah bekerja dengan baik, mendedikasikan pikiran dan tenaga untuk organisasi Komnas Pendidikan Indonesia.

Selanjutnaya saya ucapkan selamat kepada pengurus DPN Komnas Pendidikan Indonesia yang hari ini dilantik sebagai pengurus DPN Komnas Pendidikan Indonesia periode Tahun 2020 – Tahun 2025.

Harapan kami kepada pengurus DPN Komnas Pendidikan periode 2020 – 2025 sikapilah kesempatan ini dengan penuh kesyukuran dan rasa tanggung jawab. Kita tahu bahwa begitu berat tantangan dalam dunia pendidikan di Indonesia yaitu ; akses pendidikan, karakter, perkembangan teknologi, perubahan demografi, indeks literasi dibidang pengetahuan, kebudayaan yang masih rendah, kemampuan integrasi internet dan informasi yang masih rendah, dan jumlah pengangguran yang masih besar. Saya kira inilah tantangan yang harus kita hadapi.

Setiap tantangan kita akan jadikan peluang dan setiap peluang harus kita kerjakan  dengan tindakan strategik dan tahapan yang terukur.

Bapak, ibu dan saudara yang terhormat….

Menjadi pengrus organisasi Komnas Pendidikan harus siap  bekerja maksimal, oleh karena itu gunakan kesempatan ini secara maksimal dengan siap menjadi ; laksana jarum detik pada sebuah jam. Ia tidak melihat apakah temannya bergerak atau hanya sekali saja bergerak, namun ia terus berlari bekerja dan berinovasi. Karena hanya dengan cara itu jam ( organisasi ) itu akan hidup dan dirasakan keberadaannya. Bila kita berhenti berlari, karena melihat teman kita tidak bergerak, maka organisasi itupun akan berhenti.

Pada kesempatan ini kami, Dewan Pendiri pesankan kepada Dewan Pengurus Nasional Komnas Pendidikan Indonesia periode tahu 2020 – tahun 2025 agar dalam menjalankan program dan kegiatannya, mendukung pada terwujudnya TUJUAN, VISI, MISI dan FUNGSI Komnas Pendidikan Indonesia yaitu :

TUJUAN dibentuknya Komnas Pendidikan:

Ikut berkontribusi dalam pengembangan potensi insan pendidikan agar menjadi manusia yang bertaqwa , berahlaq mulia , sehat jiwa raga, ber ilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang baik.   

VISI  :

Terbentuknya manusia Indonesia yang berkualitas unggul dan bertanggung jawab serta mampu menjawab tantangan jaman

MISI :

  1. Mengupayakan terciptanya pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia.
  2. Mengupayakan terbentuknya budaya entrepreneurial ( kerja keras, kreatif, inovatif, ulet berani mengambil risiko, konsisten dan memiliki integritas tinggi ) di lingkungan pendidikan
  3. Mengupayakan kepedulian segenap komponen bangsa dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

FUNGSI :

  1. Melakukan pengkajian dan memberi masukan kepada pemerintah atau lembaga terkait lainnya atas pelaksanaan kebijakan Sistem Pendidikan Indonesia
  2. Membina anggota untuk melaksakan kewajiban dan perannya di bidang pendi dikan demi kemajuan bangsa dan negara
  3. Menyelenggarakan seminar, ceramah, diskusi, lokakarya, atau kegiatan sejenis untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
  4. Menyelenggarakan advokasi terhadap lembaga pendidikan, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan.
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga lain yang bertujuan untuk mendukung program peningkatan kualitas pendidikan.

Kemudian langkah awal dalam melaksanakan tidakan strategik, DPN Komnas Pendidikan periode tahun 2020 – tahun 2025 harus

  1. Menyusun Perencanaan strategik 5 tahun ( 5 years long range plan ) dan program kerja jangka pendek 1 tahun ( annual plan ).
  2. Audensi ke Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  3. Pembentukan Pengurus DPW dan DPD Komnas Pendidikan seluruh Indonesia.

Sebelum saya akhiri,satu lagi pesan yang ingin saya sampaikan kepada Pengurus DPN Komnas Pendidikan Indonesia periode tahun 2020 – 2025 yaitu : “ Apabila kita diberi amanah kecil, kemudian kita tunaikan dengan kesungguhan yang besar, maka berarti kita sedang menyiapkan diri untuk diberikan amanah yang lebih besar.

Demikian yang bisa saya sampaikan, selamat bekerja, semoga Allah SWT selalu mem berikan petunjuk dan kekuatan kepada kita semua. Aamiin

Wassalamu’alaikum WrWb.

Jakarta 28 Oktober 2020

DEWAN PENDIRI KOMNAS PENDIDIKAN INDONESIA

H.Kiswantoro Deddy,SE.,MM

K e t u a


SAMBUTAN KETUA UMUM DEWAN PENGURUS NASIONAL KOMNAS PENDIDIKAN INDONESIA

Bismillahi rahmanirahim

Assalamu alaikum wr wb….

Alhadulillahi rabbil alamin

Yang kami hormati ketua Dewan Pendiri Komnas Pendidikan Indonesia, bpk H. Kiswantoro Deddy, sekretaris Badan Pendidiri, bpk Andreas Tambah, SE, MM, bendahara Badan Pendiri, Ibu Dr. Ir Mamik Suendari, MP, Badan Pengawas bpk Ir Darmadji, MM, PhD, bpk Drs, Jim Mintarja, Bpk Merdy Budiarto, SH., MH., dan seluruh anggota Dewan Pengurus.

Hadirin sekalian yang berbhagia….

Puji syukur kita sampaikan kehadirat Allah s.w atas limpahan rahmat dan karuniaNya yang tak terhingga kepada kita sekalian, karena itu pada kesempatan iniAlhamdulillah Allah s.w mengijinkan kita melakukan pertemuan untuk menerima tugas dan tanggung jawab serta kepercayaan dan amanat sebagai pengurus pada Dewan Pengurus Nasional Komnas Pendidikan Indonesia untuk perode tahun 2020 s.d tahun 2025.

Undang2 Dasar 1945 pasal 31 ayat (1) disebutkan bahwa setiap WargaNegara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan dan ayat (3) ditegaskan bahwa  Pemerintah menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta ahlak mulia dlm rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pada Anggaran Dasar Komnas Pendidikan Indnesia,  pendidikan pada hakikatnya adalah pengembangan human dignity yaitu harkat dan martabat manusia atau humanizing human yaitu memanusiakan manusia, sehingga benar2 mampu menjadi khlifah di muka bumi.

Pada Undang2 RI sisdiknas nomor 20 th 2003, visi pendidikan nasional terwujudnya sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memperdayakan seluruh Warga Negara Indonesia, shg dapat berkembang menjadi manusia yang berkualitas dan mampu serta proaktif dalam menjawab tantangan jaman yang selalu berubah karena berubahnya ilmu pengetahuan,  teknologi informasi dan budaya. Visi akan tercapai bilamana 5 misi yang ditetapkan tsb berjalan dgn sempurna, yaitu (1) upaya perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, (2) membantu memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa, (3) meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas dlm proses pendidikan, (4) meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau nilai2 kepentingan nasional dan global, dan (5) memperdayakan peran serta masyarakat dlm penyelenggaraan pendidikan berdasar perinsip otonomi dan NKRI.

Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, visi dan misi yg tercantum dalam Undang2 Sisdiknas, dalam Anggaran Dasar Komnas Pendidikan Indonesia terdapat sejumlah  Strategiprogram atau kegiatan yang perlu diketahu pelaksanaannya, sehingga tugas dan fungsi DPN Komnas Pendidikan Indonesia akan bekerja bersama2 dgn pemerintah pusat dan daerah dalam mengakomodasi, mensosialisasi, dan mereposisiserta mengadvokasi pelaksanaan proram2 sesuai dengan peraturan2 dari pemerintah. Strategi program2 tersebut meliputi antara lain:

  1. pendidikan agama dan ahlak mulia;
  2. kurikulum berbasis kompetensi;
  3. pembelajaran yg mendidik dan analogis;
  4. riset, evalusi, asesmen, akreditasi, dan sertifikasi;
  5. profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan;
  6. sarana  dan prasana belajar
  7. biaya pendidikan
  8. pendidikan terbuka/daring dan merata;
  9. wajib belajar;
  10. otonomi daerah;
  11. peranserta masyarakat;
  12. pembangunan masyarakat;
  13. pendidikan inklusif;
  14. jumlah rombel siswa perkelas;
  15. pengelolaan keuangan yang akuntabel
  16. kualitas lulusan, tenaga dan SDM
  17. hasil studi internasional ttg literasi, numerasi dan sains masih rendah

Tentu kami perlu sampaikan bahwa dalam menjalankan tugas dan fungsi nanti, kami sebagai Dewan Pengurus Nasional tetap dan selalu membuka komunikasi terus menerus baik antara internal pengurus maupun antara anggota pendiri dan anggota pengawas. Terima kasih banyak kepada pendiri dan pengawas atas menetapkan kami sebagai anggota pengurus pada Dewan Pengurus Nasiona Komnas Pendidikan yang barusan. Saya sebagai Ketua Umum selamat semua anggota atas ditetapkan oleh Pendiri dan Pengawas untuk duduk dalam kepenurusan DPN. Mari kita bersama2 berfikir dan bekerja untuk melaksanakan tugas dan fungsi DPN Komnas Pendidikan Idonesia.Demikianlah sambutan dan arahan kami, mohon maaf bila ada salah kata dalam sambutan kami. Wabillahi  taufiq walhidayah, assalamu alaium warahmatullahi taala wabarakatu.

Jakarta, 28 Oktober 2020

Ketua Umum DPN Komnas Pendidikan Indonesia

Prof.  Dr. Burhanuddin Tola, MA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *